AUTHOR GUIDELINES

Fatmawati Hospital Journal (FHJ) merupakan majalah publikasi ilmiah yang terbit secara berkalah, empat kali dalam setahun, Oleh RUmah Sakit Umum Pusat FatmawatiJakarta. Jurnal ini menerima tulisan/artikel berupa penelitian asli yang relevan dengan bidang kedokteran, keperatawan dan kesehatan, tinjauan pustakan, laporan kasus, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. ARTIKEL PENELITIAN
Berisi artikel mengenai hasil penilitian asli dalam ilmu kedokteran, keperawatan dasar dan kesehata. Format artikel penelitian terdiri atas judul, abstrak (Indonesia dan inggris), pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka

2. TINJAUAN PUSTAKA
Merupakan kaji ulang artikel(review) mengenai masalah ilmu kedokteran, keperawatan dan kesehatan mutakhir. Format tinjauan pustakan terdiri atas judul, abstrak (indonesia dan inggris), pendahuluan, isi dan daftar pustaka.

3. LAPORAN KHUSUS
berisi artikel tentang kasus dalam bidang ilmu kedokteran, keperawatan dan kesehatan yang perlu mendatkan perhatian untuk disebarluaskan. FOrmat laporan kasus terdiri atas judul, abstrak (indonesia dan inggris), pendahuluan, kasus, pembahasan dan daftar pustaka.



Petunjuk Umum


Penulis harus memastikan bahwa seluruh penulis pembantu telah menyetujui. Semua artikel akan dbahas oleh para pakar dalam bidang keilmuan yang sesuai(peer-review) dan rapat editorial. artikel yang perlu perbaikan dikembalikan kepada penulis. Artikel penelitian harus memperoleh persetujuan komite etik atau mempertimbangkan aspek etika penelitan yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk menghindari duplikasi,(FHJ) tidak menerima artikel yang sudah dipublikasikan atau sedang diajukan kepada majalah lain.

Penulisan Artikel


Artikel diketik dan dikirimkan dalam bentuk softcopy dalam MICROSOFT WORD dengan times new roman dan dikirimkan ke email dengan alamat journal@fatmawatihospital.com dan fatmawatihospitaljournal@gmail.com

Halaman Judul


Halaman judul berisi judul artikel, nama penulis tanpa gelar, lembaga afiliasi penulis, nama dan alamt korespondensi, nomor telepon, nomor faksimili, serta alamat e-mail. Judul artikel maksimal 16 kata. Judul ditulis dengan times new roman ukuran 14.



Abstrak dan Kata Kunci


Abstrak untuk artikel penelitian, tinjauan pustakan dan laporan kasus dibuat dalam bahasa indonesia dan inggris maksimal 200 kata. Abstrak dibuat ringkas dan jelas sesuai dengan format pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan. Pilih 4-6 kata kunci yang dapat membantu penyusunan indeks dan dengan times new roman ukuran 10.



Teks Artikel


Teks artikel disusun menurut bab yang sesuai, yaitu pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan dengan times new roman ukuran 11 dalam bentuk 2 kolom.



Tabel


Tavek dibuat beruurtan dan diketik 1 spasi. Setiap tabel harus diberi judul singkat. Tempatkan penjelasan dan singkatan pada keterangan table, bukan pada judul table. FOrmat tabel hanya menggunakan garis horizontalk(vertikal dihilangkan), dengan memperhatikan kelompok-kelompok data yang perlu dipisahkan dengan garis.



Gambar dan Video


Gambar dan video datap masuk dalam artikel dengan mempertimbangkan etik dan merahasikan identitas seseorang. Gambar atau video orang yang mungkin datap dikelani atau ilustrasi yang pernah dibpublikasi harus disertai izin tertulis. Gambar dan video harus diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks.



Metode Statistik


Penjelasan mengenai metode statistik yang digunakan dalam metode secara rinci.



Ucapan Terima Kasih


Pemberian ucapan terima kasih diletakkan sebelumn kepustakaan dan dapat diberikan kepada kontributor penelitian dan sponsor



Kepustakaan


Rujukan ditulis sesuai aturan penulisan vancouver, diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam artikel, bukan menurutn abjab. Cantumkan nama penulis maksimal 6 orang. apabila lebih, tulis nama 6 orang pertama, selanjutnya et al.. Jumlah rujukan maksimal 20 buah dari 10 tahun terakhir. Rujukan diupayakan dari kepustakaan primer, sesdikit mungkin kepustakaan sekunder. Hindarkan penggunaan abstrak sebagai rujukan. RUjukan dari artikel yang akan diterbikan oleh majalah tertentu harus ditulis "in press"

Pernyataan persetujuan komite etik atau mempertimbangkan aspek etika penelitian. Telah mendapat persetujuan komite etik atau mempertimbangkan aspek etika penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan